Jumat, 17 Desember 2010

Bocornya Dokumen Rahasia Amerika Serikat

Bocornya Dokumen Rahasia Amerika Serikat

Sebuah situs internet pembocor dokumen-dokumen rahasia “ Wikileaks.org” mempublikasikn gdokumen-dokumen rahasia milik pemerintah Amerika Serikat . Dokumen tersebut merupakan data kabel informasi dari kedubes Amerika serikat di seluruh dunia ke kantor departemen luar negeri Amerika serikat di Washington DC. Dokumen tersebut berjumlah 251.287 dokumen menggambarkan kegiatan mata-mata Amerika serikat terhadap negara-negara sekutunya yang kita tidak pernah bayangkan sebelumnya. Dokumen-dokumen tersebut merupkan hasil peretasan ( hacking ) oleh seorang hacker internasional bernama Julian Assange 39 tahun berkebangsaan Australia yang juga pendiri dari Wikileaks. Rencananya dokumen-dokumen tersebut akan dipublikasikan secara bertahap hingga beberapa bulan kedepan. Hal ini dilakukan agar setiap dokumen di publish mendapat perhatian yang focus.


Berikut adalah kumpulan synopsis dari dokumen yang telah disebarluaskan :
  1. Raja arab Saudi pernah berulang kali meminta kepada pemerintah Amerika serikat untuk menyerang Iran yang telah menebarkan pengaruh kerasnya di timur tengah serta kekhawatiran Saudi Arabia akan program nuklir Iran.
  2. Wikileaks merilis video penembakan warga sipil Iraq oleh helicopter Apache Amerika serikat yang menewaskan juga dua wartawan senior Iraq.
  3. Amerika mempunyai rudal nuklir yang disimpan di Belanda
  4. Amerika menyebut para politisi Rusia adalah mafia dan korup sehingga memancing reaksi dari presiden rusia Vladimir putin.
  5. Penjualan illegal tank Rusia ke Negara konflik Sudan melalui Ukrania dan Kenya, diketahui oleh pemerintahan Bush tetapi tidak tidak bereaksi.
  6. Ribuan dokumen tewasnya ribuan warga sipil Afghanistan akibat invasi Amerika serikat tetapi tidak dipublikasihan ke umum.
  7. Keinginan presiden korea utara kim jong il untuk mengundang penyanyi Eric Clapton untuk tampil dinegaranya.
  8. Pesta liar putra mahkota Arab Saudi menggunakan narkoba, alcohol dan sexs bebas

Sinopsis-sinopsis dari dokumen lain akan nenyusul untuk ditampilkan di blog ini